Gedung Nan Megah Itu Bernama Perpustakaan

“Pernahkan kamu berkendara atau berjalan melewati kampus Unnes?”

-tanya seorang mahasiswa Unnes kepada temannya pada suatu ketika di Kawasan Simpang Lima Semarang.

“Sering, bahkan hampir tiap hari aku lewat Unnes, karena tempat kerjaku kan di daerah Ungaran, sedangkan rumahku di Sampangan” – jawabnya.

“Tapi walaupun sering lewat Kampus Unnes, aku masih penasaran tuh dengan salah satu gedung yang menjulang tinggi di kampus itu!” – imbunnya.

“Ohya…., gedung yang mana ya??” – tanya si mahasiswa lagi.

“Itu lho, gedung yang menjulang tinggi dekat persimpangan jalan di Kampus Unnes dekat salah satu Bank kalo nggak salah. Bangunan itu nampak lain dari yang lain deh. Kelihatannya bangunan baru ya?”

“Ooh…., itu gedung Perpustakaan Unnes!!”. – jawabnya.

“Memang itu gedung baru. Gedung Perpustakaan Unnes yang barusaja diresmikan oleh Bapak Menteri beberapa saat lalu. Gedung itu sekarang menjadi tempat nongkrong paling favorit bagi kami mahasisa Unnes.

Disana kami nggak cuma bisa memperoleh berbagai bacaan macem buku, surat kabar, majalah, jurnal-jurnal untuk pendukung tugas kuliah baik cetak maupun non-cetak, tapi juga bisa ber-internet-ria secara gratis, berdiskusi di Ruang Diskusi yang ada di perpustakaan, menonton film koleksi perpustakaan, bahkan bila jenuh di ruang perpustakaan, kita bisa nongkrong, santai-santai di cafe yang ada di sekitar gedung itu lhoo”- paparnya bersemangat layaknya berpromosi.

“Ohyaaaaa????!!!”, alangkah hebatnya perpustakaan itu!. Sungguh kampus yang sangat membanggakan! –sambungnya penuh rasa takjub.

Itulah sepenggal perbincangan antara dua orang sahabat, yang salah satunya adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Memang……., bagi mahasiswa Unnes dengan adanya Perpustakaan yang berdiri megah di tengah kampus dengan berbagai macam koleksi bacaan, ruangan bersih nan sejuk, fasilitas IT yang canggih, pelayanan yang nyaman, juga fasilitas tempat makan (cafe/warung makan) di sekitarnya saat ini menjadi idola paling favorit, tempat yang sangat asyik untuk dikunjungi.

Disini para mahasiswa tak sekadar mau membaca/mencari berbagai macam koleksi perpustakaan yang ada, namun juga ingin melepas penat setelah beraktivitas kuliah. Sungguh, tempat ini sekarang menjadi ikon yang paling diminati bagi Kampus Universitas Konservasi itu.

Itulah gambaran Perpustakaan Unnes dimasa dating, yang dalam beberapa tahun lagi akan dibangun. Konon kabarnya, gedung yang megah itu akan dibangun delapan lantai di tengah kampus dengan sokongan pendanaan dari Islamic Development Bank (IDB). So, kita tunggu aja yach!! :)

(M.Z. Eko Handoyo – Pustakawan Unnes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *